SEBERAPA BERSIH AIR ANDA?

Pernahkah Anda berfikir apakah air yang anda konsumsi itu aman untuk diminum atau mungkin bagaimana air itu bisa sampai terkontaminasi? Coba anda perhatikan seberapa sering anda menyalakan air keran untuk kebutuhan sehari-hari seperti untuk menyikat gigi, mengambil segelas air, membuat kopi, mencuci sayuran, atau memasak nasi untuk makan malam. Tapi apa anda tidak merasa penasaran bahwa air yang dikonsumsi itu bersih atau tidak, maka pertanyaan yang akan timbul adalah :
– Apakah air saya akan membuat saya sakit?
– Apakah air saya murni dan bebas dari kontaminan berbahaya?

Wabah penyakit dari kontaminasi dalam air minum terjadi sepanjang waktu, terutama di negara berkembang. Mendapatkan air minum yang bersih dimulai dengan melindungi sumber/mata air, termasuk air tanah dan permukaan sungai dan danau. Banyak masalah kualitas air yang didasarkan pada penggunaan lahan setempat. Air limbah dari pertanian dan pembangunan adalah masalah tertentu pada sumber air. Paparan air limbah dalam air minum dapat menyebabkan efek kesehatan, terutama pada bayi, menghambat kemampuan darah mereka untuk membawa oksigen.

Air bersih dan sanitasi yang memadai telah meningkatkan harapan hidup di negara kita ini Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. Namun, kita melihat kebutuhan mendesak untuk terus meng-upgrade dan membenahi infrastruktur air, serta peraturan yang berlaku supaya tegas pada penegakan dan edukasi tentang keamanan air minum. Sangat penting untuk semua orang memahami risiko terkait dengan kontaminasi air minum, dan untuk mengetahui bagaimana mengambil langkah-langkah sederhana seperti menguji air minum yang dikonsumsi jika mereka menduga mungkin ada masalah.

Jadi bagaimana Anda mengidentifikasi apakah air yang anda konsumsi aman atau tidak? Ada cara mudah untuk mengetahuinya. Beberapa hari yang lalu teknisi kami melakukan pengujian kualitas air minum dengan menggunakan AMSTAT AC910 Multiparameter Water Quality Meter.

 

Alat ini memberikan fleksibilitas untuk pengukuran berbagai kombinasi untuk oksigen terlarut, konduktivitas, salinitas, resistivitas, pH, Total Dissolved Solids, dan konsentrasi ion. Ini juga menyediakan banyak manfaat dari fitur-fitur berikut,
Diantaranya : 5,000 data-set memory, password protection, backlit display and keypad, graphic display with detailed Help functionality, re-cal prompts, user defined fields, detailed GLP, auto stable, Hold All Readings function, Data Manager software for the desktop, USB connection,
auto-buffer recognition, and flexible folders and site lists for logging data.

 

Selain itu, alat ini biasa digunakan untuk pengaplikasian seperti: Jembatan Budidaya & Bendungan Pesisir & Estuaria Kolam Renang Air Laut & Kolam Samudera Pelabuhan & Waduk Reservoir Sungai & Aliran Air Limbah Lahan basah.

Nah selain dari faktor diatas, pencemaran air juga datang dari kondisi alam itu sendiri seperti Erosi Tanah, hutan yang gundul akibat penebangan yang ilegaal menyebabkan permukaan tanah menjadi semakin sedikit karena ketika hujan banyak tanah yang terbawa arus air mengalir ke sungai maupun danau. Dan menyebabkan air danau dan sungai menjadi keruh.

“Jadi rawatlah alam kita ini supaya genarasi berikutnya bisa merasakan kehidupan yang lebih baik lagi”

comments powered by Disqus