STANDARD TERMS AND CONDITIONS OF SALE

Kondisi Penjualan dan Pembayaran di JVM.

  1. PRINSIP UMUM
    Semua pemesanan ke CV. JAVA MULTI MANDIRI (JVM) diatur oleh kondisi pembelian dan pembayaran (KPP). Pemesanan berarti menyetujui kondisi ini, tanpa kecuali. KPP ini tidak dapat diabaikan atau dimodifikasi dengan termin yang berlawanan yang tertera di dokumen pembeli kecuali disetujui secara tertulis oleh JVM. Persetujuan pengabaian suatu termin tersebut tidak membatalkan termin-termin lain di KPP

  2. PENAWARAN
    Penawaran yang berlaku adalah penawaran yang dibuat dalam format resmi dan atau disetujui oleh JVM. Penawaran berlaku selama 2 minggu dan tidak mengikat, tanpa pengecualian.

  3. PEMESANAN
    Pemesanan dilakukan dengan mengirimkan Purchase Order (PO) kepada JVM, dan hal tersebut tidak mengikat kecuali telah disetujui oleh JVM dengan menerbitkan Order Confirmation. PO harus dibuat tertulis dengan menyertakan penawaran JVM yang sudah disetujui Pembeli. Semua kondisi yang tertera di PO pembeli tidak berlaku kecuali dan tertera di Order Confirmation.

  4. HARGA DAN KURS
    Harga yang ditawarkan adalah Ex-works Pwt, belum termasuk PPN. JVM berhak mengubah harga yang ditawarkan setiap saat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Harga yang difakturkan adalah harga yang dikonfirmasi melakui Order Confirmation.

  5. DELIVERY :
    Termin delivery adalah Ex-Works Purwokerto, sesuai INCOTERM 2010. Bilamana JVM setuju untuk mengorganisir pengiriman sesuai instruksi pembeli maka semua ongkos pengiriman akan ditanggung pembeli. Resiko pengiriman ditanggung secara penuh oleh pembeli. JVM tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun atas kehilangan atau kerusakann barang karena pengiriman. Waktu pengantaran yang kami berikan adalah perkiraan dan tidak mengikat. JVM tidak bertanggungjawab atas keterlambatan dan segala akibatnya baik terhadap pembeli ataupun pihak ketiga.

  6. TERMIN PEMBAYARAN
    Delivery dan faktur dibuat dengan termin Ex-works Purwokerto. Pembelian diubah menjadi faktur dengan termin Ex-workk. Bilamana JVM setuju untuk memberikan layanan installation, training & commissioning layanan ini tidak berhubungan dengan penerbitan faktur. Semua pembayaran jatuh tempo sesuai termin yang disetujui, keterlambatan pembayaran akan dikenakan bunga sesuai suku bunga deposito Bank Indonesia ditambah pajak perbulan keterlambatan. Pembayaran yang tidak dipenuhi dalam 3 hari sejak jatuh tempo dianggap gagal bayar dan dikenakan denda 0.5% perhari. Bilamana harga yang ditawarkan adalah dalam mata uang asing, maka pembayaran dilakukan menggunakan nilai kurs yang berlaku pada saat pembayaran. Semua ongkos transaksi termasuk ongkos bank menjadi tanggungan pembeli.

  7. PEMBATALAN PEMESANAN
    Semua PO pembeli adalah mengikat dan tidak dapat dibatalkan saat telah diterbitkannya Order Confirmation oleh JVM. Pemesanan tidak dapat dibatalkan oleh pembeli tanpa persetujuan tertulis dari JVM. Dimana terjadi pembatalan sepihak oleh pembeli, maka JVM berhak untuk melakukan klaim atas nilai barang tersebut.

  8. KETIDAKSESUAIAN DAN KELUHAN
    Pembeli bertanggungjawab untuk melakukan pemeriksaaan segera setelah barang diterima, dimana terjadi ketidaksesuaian, pembeli harus menyampaikan secara tertulis dalam waktu 48 jam setelah barang diterima. Lewatnya waktu yang ditentukan dan penggunaan barang dalam bentuk apapun akan dianggap pembeli menyetujui konformitas barang dan mengabaikan hak untuk klaim. Pengembalian barang tidak diterima tanpa persetujuan terlebih dahulu dari JVM. Pengembalian barang dilakukan dengan resiko dan biaya pembeli, dan hanya dapat dilakukan setelah mendapatkan Return Authorization Number (RAN) yang diterbitkan oleh JVM.

  9. KEPEMILIKAN
    Barang yang sudah dikirim tetap menjadi milik JVM hingga pembayaran atas faktur sudah dilunasi. “Transfer of title” (beralihnya hak milik) hanya terjadi saat pembayaran sudah dilunasi. Pembeli bertanggungjawab terhadap semua resiko atas barang sejak barang diserahkan. Jika terjadi “gagal-bayar maka JVM berhak menarik kembali barang tersebut dengan seluruh biaya ditanggung oleh Pembeli, seluruh pembayaran termasuk uang muka yang sudah diserahkan ke JVM tetap menjadi milik JVM sebagai kompensasi. Dikarenakan kepemilikan barang tetap di pihak JVM hingga pelunasan, maka pembeli tidak berhak / diperkenankan untuk menjual, memindahtangankan / mengalihkan atau membuang barang tersebut sebelum pelunasan.

  10. METODE PEMBAYARAN
    Pembayaran dilakukan langsung via cash di Office JVM, debet, atau transfer langsung ke rekening CV. JAVA MULTI MANDIRI. Copy Slip Pembayaran harus diserahkan ke CV. JAVA MULTI MANDIRI.

  11. FORCE MAJEURE :
    JVM berhak untuk menanggungkan atau membatalkan sebagian atau seluruh pesanan yang pemenuhannya tertunda atau tidak lagi dapat dipenuhi oleh karena sebab apapun yang berada di luar kontrol JVM dan / atau oleh karena sebab force majeure / keadaan kahar termasuk namun tidak terbatas pada musibah / bencana alam, perang, huru hara, tindak pidana makar atau pemberontakan, kebakaran, peledakan, gempat bumi, badai, banjir,
    kecelakaan atau sebab-sebab lain yang sejenisnya yang mempengaruhi aktivitas JVM dan / atau mata rantainya.

  12. HUKUM YANG MENGATUR
    Jual beli dan apa yang diatur di dalam ketentuan ini dibuat dan ditafsirkan dengan hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia.

  13. PENYELESAIAN SENGKETA
    Atas segala permasalahan yang muncul berkaitan dengan apa yang diatur di dalam ketentuan ini maka Para Pihak sepakat untuk memilih domisili hukum yang umum dan tetap pada Pengadilan Negeri Purwokerto dengan mengupayakan terlebih dahulu penyelesaian secara kekeluargaan.

  14. KETERPISAHAN
    Apabila ada isi atau bagian dari ketentuan ini yang menjadi tidak berlaku oleh karena aturan pemerintah, kebijakan pemerintah, undang-undang atau hal-hal lainnya yang diwajibkan oleh hukum, maka ketentuan lain pada aturan ini akan tetap berlaku dan mengikat bagi Para Pihak.